Development Plans
Posted on 23 March 2019
Development plans Jogja Smart Province
Prioritas Pengembangan
Berdasarkan telaah visi misi TIK dan analisa hasil survei diperoleh sembilan inisiatif sebagai prioritas pengembangan TIK untuk Pemerintah Daerah DIY yaitu:
- Peningkatan kualifikasi dan jumlah SDM dengan kualifikasi TI secara terencana dan berkesinambungan;
- Pengembangan platform integrasi aplikasi-aplikasi yang telah berjalan dengan mempertimbangkan tugas pokok dan fungsi serta keterpaduan data primer (data utama milik unit kerja);
- Melakukan perbaikan koneksi internet dan konektivitas intranet antar unit kerja ke kantor Gubernur/Kominfo;
- Menyediakan kebijakan implementasi TIK yang menyeluruh dan menjangkau seluruh OPD;
- Pengadaan dan pengembangan sistem untuk mendukung performa pelayanan publik yang maksimal (good and clean government) yang dilakukan oleh Perangkat Daerah;
- Pengembangan Command Center di Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (IDMC);
- Pengembangan Data Center yang handal;
- Meningkatkan level pengamanan jaringan lokal dan internet di untuk masing-masing unit kerja;
- Penambahan dan peremajaan perangkat komputer dan perangkat pendukung.
Strategi Pengembangan
Implementasi inisiatif TIK harus selaras dengan tujuan institusi dan dapat menjadi katalisator dalam pencapaian tujuan institusi. Tujuan institusi diidentifikasi dan diterjemahkan menjadi tujuan TIK. Rumusan tujuan TIK ini akan menjadi dasar pijakan setiap inisiatif TIK yang akan dikembangkan di masa mendatang. Setiap inisiatif TIK yang dikembangkan wajib berkontribusi dalam pencapaian tujuan TIK. Keseluruhan proses ini dilakukan dengan menggunakan metodologi sebagaimana dijabarkan Gambar berikut.
Gambar Proses Penyelarasan Tujuan Institusi
Tujuan yang akan dicapai tercermin dari pernyataan visi (explicit knowledge) ataupun gagasan (tacit knowledge) yang dimiliki oleh para pimpinan institusi sebagai bentuk kristalisasi atas pengalaman penugasan ataupun pemikiran selama ini. Strategi yang diusulkan sebagai berikut.
Strategi Umum
- Meningkatkan kualitas infrastruktur TIK;
- Mewujudkan sistem integrasi data lintas OPD;
- Mewujudkan regulasi daerah penerapan e-Government;
- Menjadikan penerapan e-Government sebagai parameter penilaian kinerja OPD;
- Meningkatkan kapasitas dan standar kompetensi ASN bidang TIK;
- Meningkatkan kuantitas dan kualitas pendidikan dan pelatihan TIK;
- Meningkatkan layanan aplikasi online;
- Meningkatkan sosialisasi dan asistensi pemanfaatan TIK;
- Meningkatkan komitmen bersama penerapan e-Government;
- Meningkatkan sistem keamanan data dan informasi;
- Meningkatkan kepedulian keamanan TI ASN;
- Meningkatkan koordinasi dan komunikasi lintas OPD.
Strategi Khusus
- Menyediakan Service Level Agreement (SLA) infrastruktur jaringan Intranet dan Internet OPD (LAN, MAN);
- Mengembangkan sistem data dan informasi (aplikasi) e-Government terintegrasi;
- Mengundangkan kebijakan penerapan e-Government dalam peraturan daerah atau peraturan kepala daerah;
- Mengembangkan standar mutu layanan e-Government;
- Menyelenggarakan uji kompetensi TIK bagi ASN;
- Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan TIK bagi ASN;
- Mengembangkan aplikasi e-Government berbasis web dan/atau mobile
- Menyelenggarakan sosialisasi dan asistensi pemanfaatan TIK (IT help desk);
- Menyusun dan melaksanakan pakta integritas komitmen bersama penerapan e-Government, kelembagaan ad hoc G-CIO, dan manajemen perubahan;
- Mengembangkan pusat manajemen data pemerintah (Government Data Management Center) dan manajemen dokumen elektronik (Electronic Record Management);
- Menyelenggarakan sosialisasi, pendidikan dan pelatihan keamanan TI (fisik, logic, personal, data, komunikasi jaringan, dan sistem/aplikasi);
- Menyelenggarakan forum komunikasi dan koordinasi TIK.